Pramono Anung Emoh menjawab pertanyaan tentang renggangnya hubungan antara Jokowi dan Megawati

TEMPO.CO, Jakarta – Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang kini menjabat Sekretaris Kabinet, Pramono Anung enggan berkomentar soal hubungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan ketua umum PDIP Megawatt Sukarnoputri semakin terasingkan.

“Tidak. Saya tidak mau berkomentar. Tugas saya hari ini mendampingi Presiden,” kata Pramono saat ditemui di Lanud Halim Perdanakusuma TNI AU, Jakarta Timur, Kamis, 30 November 2023.

Presiden Jokowi terbang ke Dubai bersama delegasi terbatas TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma pada Kamis untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau Summit Iklim COP28. Ia hanya didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Selain didampingi Pramono, keberangkatan Jokowi juga didampingi Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Hubungan keluarga Jokowi dan PDIP menjadi perbincangan, apalagi setelah Gibran Rakabuming Raka yang semula kader Partai Banteng diusulkan menjadi calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju yang diusung Prabowo Subianto. Beberapa pihak menilai hal tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap Jokowi.

Terbaru, Megawati menyebut penguasa saat ini bertindak sebagai rezim ketertiban baru. Putri Presiden Sukarno memberi isyarat kepada pemerintah pada Rapat Kerja Nasional (Rakornas) relawan pendukung Ganjara-Mahfud di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Senin, 27 November 2023.

Megawati dengan tegas menyatakan, tidak boleh ada pihak yang melakukan tekanan terhadap masyarakat di tengah situasi politik menjelang pemilu 2024. Apalagi, kata Megawati, partai-partai tersebut berusaha bersikap seolah-olah memberikan sesuatu kepada rakyat, namun tanpa mengeluarkan undang-undang yang sah di Indonesia. .

“Bisakah kamu menaklukkan rakyatmu?” “Boleh saja memberikan sesuatu kepada rakyatnya tanpa harus melalui undang-undang yang ada di republik ini,” kata Megawati dalam rapat kerja nasional

Baca Juga  Lain-lain: Film Dune: The Second Part akan tayang pada 13 Maret 2024

Megawati mengaku semakin marah karena pemerintahan saat ini berperilaku seperti rezim Orde Baru yang otoriter. Megawati mengaku tidak bermaksud demikian.

“Kenapa? Republik ini penuh korban lho? Kenapa kamu yang baru berkuasa mau bersikap seperti zaman Orde Baru sekarang?” Megawati berkata dengan suara lantang.

Periklanan

Menanggapi pernyataan Megawati, Presiden Joko Widodo atau Jokowi enggan memberikan jawaban. Saat dimintai reaksi oleh awak media, dia lebih memilih tersenyum.

Saya tidak mau bereaksi, kata Jokowi saat menghadiri acara penanaman pohon di Kawasan Industri Jakarta Pulogadung (JIEP), Cakung, Jakarta Timur, Rabu, 29 November 2023.

Ia mengatakan, pemilu 2024 harus berjalan damai dan penuh senyuman. “Bersama-sama kita berharap kita semua merayakan pesta demokrasi ini dengan damai, aman, penuh senyuman,” ujarnya.

“Penuh keceriaan. Silakan berkompetisi, adu ide, tapi selalu tersenyum dan bahagia,” imbuhnya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang atau DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo membeberkan alasan perpisahan Jokowi dan Mega. Menurut dia, keluarga Jokowi kini tidak sejalan dengan PDIP, bukan hanya karena merugikan dirinya jika disebut sebagai pengurus partai.

Menurut Rudy, Jokowi memutuskan hubungan dengan PDIP setelah permintaan perpanjangan tiga periode dari Presiden Jenderal Megawati Soekarnoputri ditolak. “Yang pertama minta perpanjangan, minta tiga periode. Mbak Mega itu orang atau ketua umum yang taat dan patuh pada konstitusi,” kata Rudy saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, November 29. 2023.

Pilihan Editor: Megawati Sebut Pemerintahan Kini Mirip Orde Baru, Apa Tanggapan Kaesang?

DANIEL A.FAJRI, ADIL AL HASAN, IHSAN RELIUBUN, HAN REVANDA PUTRA



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *