Presiden Jokowi Warisan Proyek IKN, Bagaimana Posisi 3 Capres 2024?

TEMPO.CO, Jakarta – Proyek pengembangan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur kembali menjadi sorotan setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut tidak ada investor asing. Lantas bagaimana reaksi para calon presiden terhadap warisan proyek ambisius era IKN? Presiden Jokowi ini?

1. Hadiahi Pranowo

Ganjar Pranowo mengaku bertekad melanjutkan beberapa program yang sudah dijalankan Jokowi jika terpilih menjadi presiden. Salah satunya mengenai IKN. Hal itu disampaikan Ganjar usai mendapat dukungan resmi dari Partai Perindo sebagai calon presiden 2024 di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Jumat, 9 Juni 2023.

“Kemudian Jokowi mempersulit program seperti itu. Dan tentunya salah satunya terkait dengan perkembangan akses, konektivitas yang terjadi dengan infrastruktur yang meluas hingga ke desa saat ini. “Kemudian ada juga pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan yaitu IKN,” ujarnya.

Ganjar merupakan mitra Mahfud Md. menyatakan komitmennya untuk menuntaskan pengembangan IKN Nusantara dalam misinya “Pembangunan ekonomi mandiri yang berbasis ilmu pengetahuan dan nilai tambah”.

“Percepatan Penyelesaian IKN.” Komitmen untuk melanjutkan pembangunan ibu kota nusantara secara bertahap hingga IKN menjadi titik keseimbangan baru bagi keadilan pembangunan sekaligus simbol Indonesia yang futuristik, tulis Ganjar-Mahfud dalam dokumen visi dan misinya.

2.Prabowo Subianto

Seperti Ganjar, calon presiden yang didukung Koalisi Indonesia Maju atau KIM itu juga berjanji akan melanjutkan proyek IKN. Hal ini diumumkan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani pada Februari lalu. Pihaknya menegaskan, tujuan pencalonan Ketua Umum Jenderal Prabow Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 adalah untuk melanjutkan program Presiden Jokowi, termasuk proyek IKN Nusantara.

Prabowo dan pasangannya Gibran Rakabuming Raka yang juga merupakan putra sulung Jokowi juga memasukkan rencana pengembangan IKN Nusantara dalam visi dan misinya. Hal itu tertuang dalam visi dan 8 misi Asta Cita Prabowo-Gibran. “Melanjutkan pemerataan ekonomi, penguatan UKM dan mengembangkan IKN,” tertulis di halaman khusus 17 program prioritas Prabowo-Gibran.

Baca Juga  Formula 1: Red Bull diperkirakan akan kembali mendominasi balapan pada 2024, inilah jawaban Max Verstappen

Periklanan

3.Anies Baswedan

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan nampaknya menentang kelanjutan proyek pembangunan IKN yang digarap pemerintahan Jokowi. Dia sering mengirimkan sinyal ini dalam beberapa kesempatan. Terbaru, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut perkembangan IKN justru berpotensi menimbulkan ketimpangan baru.

“Jangan membangun kota di tengah hutan. “Ini menjadi permasalahan dan akan menimbulkan ketimpangan baru,” kata Anies saat menghadiri dialog terbuka Muhammadiyah dengan calon pemimpin nasional yang digelar di Edutórium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo, Jawa Tengah, pada Rabu, 22 November 2023.

Menurutnya, jika pemerintah ingin mencapai pemerataan, pembangunan harus dilaksanakan di seluruh Indonesia. Sedangkan dalam kasus IKN, pembangunan hanya dilakukan di satu kota saja. Sehingga target dan pelaksanaannya tidak sinkron. Kalau ingin menyeimbangkan perekonomian, kata dia, bangunlah kota-kota kecil di seluruh Indonesia menjadi menengah dan menengah menjadi besar.

Penelusuran dokumen visi misi Anies-Imin, dari 140 halaman dokumen tersebut, tidak ada kata kunci yang mengacu pada kata IKN Nusantara. Dokumen bertajuk “Indonesia Adil, Sejahtera untuk Semua” itu hanya menyebut agenda strategis di Pulau Kalimantan. Pada bagian ini, ia hanya menyebutkan ingin menjadikan Pulau Kalimantan sebagai “tonggak ekonomi hijau, rumah bagi Indonesia yang maju dan indah”.

SEPTIA RYANTHIA | DANIEL A.FAJRI | Depkes. KHORY ALFARIZI | DI ANTARA

Pilihan Editor: Anies Baswedan menilai IKN akan menciptakan kesenjangan baru



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *