Presiden Polri menaruh perhatian pada upaya evakuasi pendaki gunung korban letusan Marapi

TEMPO.CO, Jakarta – Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan polisi memberikan bantuan kepada korban erupsi Gunung Agung. Marapi di Sumatera Barat. Salah satu caranya, kata dia, adalah dengan mengirimkan personel untuk membantu mengevakuasi pendaki yang terjebak di gunung tersebut.

Listyo Sigit mengatakan, personel yang dikerahkan berasal dari kepolisian setempat di kawasan Gunung Marapi. Terkait bencana yang terjadi tentunya segera dan saat ini saya kira daerah sudah menurunkan tim untuk melakukan tindakan mitigasi, kata Listyo Sigit saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Desember 2023.

Menurut Listyo Sigit, polisi sedang melakukan evakuasi dan pertolongan terhadap para korban. “Setelah itu, saat ini sedang dilakukan langkah-langkah lain, termasuk bantuan dan sebagainya,” ujarnya.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Dwi Sulistyawan sebelumnya mengatakan, pihaknya telah mengirimkan personel untuk membantu penanganan bencana alam akibat letusan Gunung Marapi. “Sudah ditarik sejak tadi malam,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin, 4 Desember 2023.

Letusan Gunung Marapi di Tanah Datar, Sumbar terjadi pada Minggu sore, 3 Desember 2023. Personil dari Mabes Samapta dan satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Sumbar dikerahkan.

Dwi Sulistyawan mengatakan, bantuan personel kepolisian untuk membantu mengevakuasi korban yang terjebak di Gunung Marapi pasca erupsi. Polsek terdekat di Sumbar juga dikerahkan untuk menangani para korban.

Periklanan

Diketahui, saat ini tim SAR gabungan masih berupaya mengevakuasi sejumlah pendaki yang masih terjebak. Kepala Kantor SAR Kelas A Padang, Abdul Malik, mengatakan kendala utama tim adalah erupsi Marapi yang masih berlangsung.

Tim kesulitan karena erupsi terus terjadi di kawah Gunung Marapi Sumbar, kita hitung 6 kali hari ini saja, ujarnya pada Selasa, 5 Desember 2023 di Pos Jalur Pendakian Marapi Via Batu Palano.

Baca Juga  9 Gejala Depresi yang Terkadang Tidak Anda Sadari, Termasuk Emosi Negatif

Menurut Abdul Malik, masih ada 10 pendaki yang belum ditemukan. Tim lapangan menduga para pendaki berada di dekat kawah. Hal ini berdasarkan penemuan 2 orang pendaki oleh masyarakat pada Senin, 4 Desember 2023.

Pilihan Editor: Pengacara umumkan status terbaru pelajar Ghisco, tersangka penipuan tiket konser Coldplay yang meraup Rp 5,1 miliar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *