Profil Gereja Katedral Jakarta, Tempat Pernikahan Jonatan Christie dan Shanju Eks JKT 48

TEMPO.CO, Jakarta – Atlet bulu tangkis Indonesia Jonatan Christie Ia resmi menikah dengan Shania Junianatha, mantan anggota JKT 48 atau dikenal Shanju eks JKT 48. Upacara pemberkatan keduanya digelar di Gereja Katedral Jakarta pada 1 Desember 2023.

Gereja Katedral Jakarta merupakan ikon yang menggambarkan keberagaman agama di Indonesia. Mengutip Taman Nasional UNJ, Gereja Katedral Jakarta merupakan situs cagar budaya yang secara resmi diberi nama De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming atau Gereja Maria Diangkat ke Surga. Gereja ini dibangun dengan gaya arsitektur Neo-Gothic Eropa yang umum digunakan untuk membangun gereja pada beberapa abad yang lalu.

Suasana Gereja Katedral Jakarta jelang ibadah Natal tatap muka, Jumat, 25 Desember 2020, pukul 11.00. Tempo/M Yusuf Manurung

Dikutip dari situs Keuskupan Agung Jakarta, Katedral Jakarta didirikan pada tahun 1891 untuk menggantikan gereja tua yang runtuh pada tanggal 9 April 1890 (beberapa hari sebelum perayaan Paskah). Pembangunan gereja ini selesai pada tahun 1901 atau 10 tahun setelah awal pembangunan.

Dinding ruang utama candi di Jakarta dihiasi lukisan potongan keramik yang menggambarkan kehidupan Yesus. Plafon gereja ini terbuat dari kayu jati sehingga tidak mudah roboh jika terjadi gempa. Menara ini terbuat dari rangka besi, bukan dari beton seperti gereja-gereja di Eropa pada umumnya.

Candi Katedral Jakarta memiliki dua menara utama yaitu Menara Daud dan Menara Gading. Menara Gading diapit oleh empat menara kecil runcing, sedangkan Menara Daud berbentuk seperti benteng, melambangkan benteng Daud.

Periklanan

Kuil Katedral Jakarta memiliki museum tersendiri yang merangkum sejarah pembangunan gereja tersebut. Ada sekitar 400 koleksi yang dipamerkan, terdiri dari barang-barang pastoran Katedral Jakarta dan sumbangan pihak-pihak tertentu.

Baca Juga  Faktor yang membuat perempuan rentan terhadap kekerasan salah satunya sering dianggap lemah

Beberapa koleksi Museum Katedral Jakarta antara lain jubah pendeta Katolik yang disimpan dalam kotak kaca, tongkat Paus Paulus VI, piala. Paus Yohanes Paulus II, dan lukisan gereja karya Kusni Kasdut yang terbuat dari batang pisang. Kusni Kasdut merupakan penjahat kelas kakap yang divonis hukuman mati pada tahun 1980.

Koleksi peninggalan juga dipajang dalam kotak kaca kecil. Peninggalan adalah peninggalan atau sisa-sisa orang suci yang telah meninggal, seperti potongan pakaian, rambut, dan pecahan tulang. Benda-benda ini ditempatkan dalam wadah berbentuk bulat kecil dan biasanya diletakkan di atas altar.

Pilihan Editor: Atlet Bulu Tangkis Jonatan Christie Menikah Berikut Profil Istri Shanju Eks JKT48



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *