Rahmad Adi Mulyono merebut tiket Olimpiade Paris 2024 usai menjuarai kualifikasi Asia

TEMPO.CO, Jakarta – pendaki gunung Indonesia, Rahmad Adi Mulyonoberhasil mengamankan tiket ke Olimpiade Paris 2024. Ia lolos ke Olimpiade setelah mengalahkan rekan senegaranya Kiromal Katibin di babak final Kualifikasi Asia IFSC 2023 di Lot 11 Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu 12 November 2023.

Rahmad Adi mencatatkan waktu tercepat di babak final, 5,35 detik. Ia lebih cepat dari Katibin yang berada di posisi kedua, meski dinyatakan terjatuh (musim gugur) dalam perebutan tiket ke acara olahraga terbesar di dunia. “Di babak final ini saya lebih fokus, saya terlihat lebih seperti tidak ada ruginya,” ujarnya dalam wawancara singkat usai naik podium.

Perebutan gelar berlangsung sengit karena Adi dan Katibin berakselerasi secara beriringan dan berdekatan. Tepuk tangan penonton pun diiringi dengan perjuangan para atlet Indonesia yang berjuang di tengah cerahnya malam di Jakarta. Namun pada detik ketiga, Katibin kehilangan grip sehingga terjatuh meski tetap menyelesaikan lomba rock “All Indonesia Final” dan keluar sebagai peraih medali perak.

Sementara itu, pemanjat asal Jepang Omasa Ryo melengkapi posisi tiga teratas kualifikasi Asia IFSC 2023 dengan catatan waktu 5,15 detik setelah mengalahkan pebalap China Wu Peng yang finis perebutan perunggu dengan waktu 6,23 detik.

Periklanan

Prestasi yang diraih Rahmad Adi pun mengikuti jejak pendaki gunung Indonesia sekaligus peraih medali emas Kejuaraan Dunia dan Asian Games 2022 di Hangzhou, Desak Made Rita Kusuma Dewi yang sebelumnya memastikan tiket ke Olimpiade 2024 Paris.

Dengan ini, Indonesia mempunyai dua wakil di cabang speed climbing kategori putra dan putri. Pendakian gunung juga menjadi salah satu olahraga prioritas Indonesia pada pesta olah raga terbesar dunia tahun depan, selain bulu tangkis dan angkat besi.

Baca Juga  Jokowi Resmikan Jembatan Cisadane, Ribuan Personel Gabungan Kota Tangerang Disiagakan

Pilihan Editor: Laga Pertama Piala Dunia FIFA U-17 2023 Segera Tiba, Simak Rekap Hasil dan Klasemen Terkini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *