Ratusan pelaku bisnis Go global tampil di JCC

INFORMASI BISNIS – BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR akan menampilkan ratusan UMKM terbaik tanah air. Mengusung tema tersebut “Menciptakan Koneksi Global” atau membangun koneksi global, BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 7 hingga 10 Desember 2023.

Tahun ini menandai tahun ke-5 diadakannya pameran yang bertujuan untuk mempromosikan kebugaran merek dan perusahaan UMKM secara strategis untuk dapat memperluas jaringannya ke dalam rantai pasokan global ini. Direktur Utama BRI Sunarso mengajak masyarakat menghadiri salah satu pameran UMKM terbesar. Melalui program ini, kami berharap semakin banyak UKM yang mendapatkan peluang ekspor dan memasuki pasar internasional, mengingat posisi UKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Program BRILIANPRENEUR UMKM EXPO(RT) merupakan salah satu langkah nyata BRI sebagai lembaga keuangan yang juga bertanggung jawab terhadap kemajuan UKM Indonesia. BRI melihat peluang besar bagi produk Indonesia untuk memasuki pasar global. “Karya anak bangsa dinilai mempunyai kualitas yang mampu bersaing dengan produk negara lain,” kata Sunarso.

Tahun ini, antusiasme pelaku UMKM di Indonesia meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari semakin tingginya minat peserta. Jumlah pendaftar UMKM mengalami peningkatan sebesar 168% dibandingkan tahun sebelumnya. Tercatat ada 3.183 UMKM yang mendaftar melalui situs web brilianpreneur.com.

Pada pameran tahun ini BRI mengundang 700 UMKM yang dikurasi diantaranya 378 UMKM baru terdaftar, 122 UMKM alumni BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan anak perusahaan seperti Pegadaian, PNM dan BRI Ventures, 153 UMKM Pahlawan lokal yang terjadi pemimpin pasar dengan harapan perluasan pengaruh dan dikaitkan dengan kerjasama dengan UKM lain. Kemudian 32 UMKM anggota SCAI (Asosiasi Kopi Spesial Indonesia), 9 UKM unggulan UKM binaan Kementerian Koperasi dan UKM. UKM ini berasal dari berbagai daerah dan akan memamerkan produk-produk terbaru dan terhebatnya.

Baca Juga  TPNPB-OPM mengaku telah menembak Danramil Aradide, kata Panglima Daerah Konflik Bersenjata

UMKM EXPO(RT) BRILIANNPRENEUR tahun ini dapat mengikuti lima kategori yaitu Dekorasi dan kerajinan rumah, Makanan & Minuman, Aksesoris dan kecantikanA Mode & Wastra juga Perawatan Kesehatan/Kesehatan.

Periklanan

Aspek kuratorial yang dilakukan meliputi: desain inovasi produk, dampak sosial dan lingkungan, kemampuan ekspor, prestasi dan apresiasi pelamar UMKM. UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR edisi kali ini menampilkan UMKM Indonesia yang terpilih dan memenuhi standar global, namun tetap mengandalkan sumber daya lokal, pemberdayaan masyarakat lokal, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Penyelenggaraan tahun ini juga menghadirkan serangkaian acara menarik dan penting untuk dihadiri yaitu menampilkan Produk UMKM, Bazaar, Business Matching, Consulting Corner, Hadiah UMKM, Live Shopping, Hiburan dan Instalasi Seni, Podcast, Talkshow dan Lab Kreatif.

Sementara itu, Direktur Usaha Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto juga mengungkapkan hal itu untuk mendukung eksekusi penjualan UMKM menjadi global, BRI memiliki enam cabang di luar negeri yang telah menjalin kerja sama dengan 1.200 bank. “BRI juga memberikan UMKM berbagai pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya pencocokan bisnis dipegang. “Kami berharap dapat berkomitmen untuk membeli produk UMKM sehingga dapat semakin memperluas akses ke pasar global,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun lalu, para pelaku UMKM berkesempatan menjajaki kerja sama dengan calon pembeli (pembeli) dari berbagai negara melalui pencocokan bisnis. Tahun ini kemudian serangkaian acara pencocokan bisnis virtual dilaksanakan pada tanggal 27-29 November 2023. BRI juga menyasar pasar potensial secara virtual dari beberapa negara seperti Jepang, Hong Kong, Uni Emirat Arab, Taiwan, Malaysia, Korea Selatan, Amerika, Meksiko, Kanada, Belanda, Italia, Australia, New Selandia, dll.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *