Reaksi Tim Kampanye Prabowo-Gibran atas Penyalahgunaan Kekuasaan

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rosan Roeslani menanggapi tudingan timnya mengerahkan aparat pemerintah desa untuk mendukung duo Prabowo-Gibran. Dugaan mobilisasi aparatur negara dimuat di Tempo majalah.

Rosan tidak membantah atau membenarkan tuduhan tersebut. Ia mengatakan, dalam negara demokrasi, setiap orang berhak berpendapat apa pun. Siapapun boleh ngomong apa saja, ujarnya saat ditemui di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 Desember 2023.

Meski demikian, Rosan mengatakan partainya akan menekankan pendidikan politik pada pemilu 2024. “Jangan jadikan politik apriori, sesuatu yang menakutkan, hoax,” ujarnya.

Menurut Rosan, pendidikan politik fokus pada pemilih muda. “Maka lakukanlah dengan ceria, seperti yang dikatakan Pak Prabowo, dengan berpikir positif, aura positif, transparan,” ujarnya.

Seperti yang dia nyatakan Tempo majalah, dua pengurus Asosiasi Sarana Pemerintahan Indonesia (Asosiasi Aparatur Pemerintahan Desa Seluruh IndonesiaPapdesi) mengatakan banyak rekannya yang ketakutan setelah polisi memeriksa beberapa kepala desa.

Mereka enggan kembali terjun ke dunia politik, apalagi mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Pendukung kedua pasangan tersebut paling sering diinterogasi polisi.

Namun, ada juga kepala desa yang mengecoh rekan-rekannya dalam mendukung Prabowo-Gibran. Beberapa di antaranya menghadiri acara Asosiasi Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia atau Apdesi di Jakarta. Beberapa sumber yang dihubungi Tempo menyebutkan, Polda Jatim membayar pimpinan desa di provinsi tersebut untuk datang ke Gelora Bung Karno.

Pemanggilan kepala desa juga terjadi di Jawa Tengah. Pada Kamis, 16 November 2023, Polda Jateng memerintahkan pimpinan desa di Karanganyar untuk menghadap penyidik ​​Direktorat Reserse Kriminal Khusus pada 27-29 November 2023. Pemerintah Provinsi Jawa.

Somasi itu bocor dan beredar di media sosial. Ketua DPRD Papdesi Karanganyar Sutarso baru mengetahui pemanggilan tersebut setelah santer diberitakan. Meski mengaku siap diperiksa polisi, ia tetap terkejut. “Baru kali ini ada pemanggilan seperti ini,” kata Sutarso, Kamis, 30 November 2023.

Baca Juga  Toyota menghadirkan Hilux Rangga di GIICOMVEC 2024

HAN REVANDA PUTRA

klik disini dan dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *