Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Pantai Ciamik Sumbawa Barat

TEMPO.CO, Jakarta – Apakah Anda berencana jalan-jalan ke Pulau Sumbawa akhir pekan ini? Coba pilih Kabupaten Sumbawa Barat yang memiliki wilayah pantai yang panjang. Dari Taliwang, ibu kota kabupaten, hingga Sekongkang.

Seperti daerah lain di Indonesia, Sumbawa Barat mempunyai banyak destinasi wisata alam yang sangat menarik.

Tempat wisata alam tersebut sebagian besar merupakan pantai dengan ombak yang tinggi sehingga lebih banyak peselancar mancanegara yang berkeliaran di sana. Namun pantai ini juga cukup landai sehingga asyik untuk bersantai. Tentunya datang pada pagi atau sore hari karena umumnya sinar matahari cukup terik di siang hari.

Selain sebagai destinasi wisata populer, pantai-pantai di Sumbawa Barat juga Instagrammable. Meski dengan foto sederhana, pantai ini terlihat indah. Bagi Anda pecinta foto, berikut lima destinasi wisata pantai di Sumbawa Barat yang wajib masuk dalam bucket list perjalanan Anda.

1. Pantai Benete

Pantai Benete terletak di sebuah teluk dengan salah satu sisi pelabuhan PT Newmont Nusa Tenggara. Letaknya di dekat jalan raya Maluk, sekitar 4 kilometer sebelum pusat desa Maluk.

Pantai Benete bisa menjadi tempat memotret matahari terbenam. Terlihat dari foto-foto lain di Sumbawa Barat karena senja di sini diwarnai dengan kerlap-kerlip lampu. Selain itu, Anda bisa melihat kapal terapung di sini.

2. Pantai Maluk

Inilah pantai yang ada di Desa Maluk, Jereweh, Sumbawa Barat. Pantai Maluk letaknya tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk sehingga banyak menjadi tujuan wisatawan lokal. Pantai ini tergolong tenang karena berupa teluk yang diapit oleh dua bukit yaitu Bukit Mantun di utara dan Bukit Balas di selatan.

Sementara itu, terdapat beberapa warung makan di pinggir pantai. Jadi ketika Anda menikmati pagi hari di Pantai Maluk, Anda akan merasakan kesegaran yang berbeda.

Baca Juga  Perwakilan Pencegahan KPK Pahala Nainggolan mendaftar sebagai calon pimpinan KPK

Periklanan

3. Pantai Lawar

Pantai Lawar cukup tersembunyi. Letaknya di Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang. Sekitar 12 kilometer dari Pantai Maluk di Kecamatan Maluk. Lokasi Pantai Lawar berada sebelum jalan menuju Pantai Rantung. Terdapat pepohonan di depan pantai berpasir lembut ini yang bisa menjadi pilihan untuk relaksasi.

4. Pantai Rantung

Di Pantai Rantung inilah berkumpulnya para peselancar mancanegara. Pasalnya, ombak yang bergulung-gulung di depan mereka menjadi sasarannya. Pantai Rantung juga dikenal dengan nama Pantai Yoyo karena putaran ombaknya.

Ada beberapa hostel dan restoran di dekat pantai. Jadi Anda bisa rileks sekaligus mengisi perut. Terletak di Sekongkang, pantai ini beberapa kali menjadi tuan rumah kejuaraan selancar internasional.

5. Pantai tropis

Di sebelah Pantai Yoyo ada Pantai Tropis. Di depan pantai terdapat hotel bernama Resort Tropical. Banyak peselancar yang menginap di sana. Untuk masuknya lantai tropis, dekat Bandara Sumbawa Barat.

Selama ini pantai tropisnya cukup landai dan memiliki pasir yang cukup banyak sebagai bumbunya. Beberapa peselancar melakukan aksinya di depan pantai ini.

PUSPITA AMANDA SARI DAN RITA NARISWARI
Pilihan Editor: Cobain 5 kuliner khas Sumbawa Barat: Ayam Taliwang hingga Bubur Palopo



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *