Resep Sambal Roa asli Manado yang sehat dan bergizi

TEMPO.CO, Jakarta – Sambal hampir selalu hadir dalam masakan Indonesia. Tersebar di berbagai daerah, banyak sekali resep cabai yang semakin menambah khazanah makanan Indonesia. Berbagai jenis sambal mempunyai cita rasa dan keunikan tersendiri.

Misalnya saja yang dikenal di Manada sambal roa. Sambal ini menggunakan ikan roa yang berasal dari perairan Sulawesi sebagai bahannya. Kegunaan ikan roa selain menghasilkan rasa sambal yang kuat, juga karena kayanya kandungan nutrisi pada ikan ini.

Kandungan nutrisi yang tinggi ini terdiri dari kalori, protein, omega 3, gula dan karbohidrat. Omega 3 sangat baik untuk otak dan mencegah penyakit jantung. saya kutip dari cookpad.comberikut resep dan cara mudah membuat sambal roa autentik Manado.

Bahan-bahan:

  • 3 ekor ikan roa asap
  • 75 gram bawang merah
  • 200 gram tomat
  • 200 gram cabai rawit
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir
  • sesendok aroma

Bagaimana membuat:

1. Bersihkan 3 ekor ikan roa, buang kulit, kepala, ekor dan tulangnya.
2. Panaskan minyak dalam wajan lalu goreng sebentar
3. Siapkan cobek dan haluskan ikan roa
4. Hancurkan 200 gram cabai rawit dengan menggunakan cobek atau alu
5. Cincang halus 75 gram bawang merah dan cincang 200 gram tomat
6. Panaskan minyak lalu goreng bawang merah yang sudah diiris tipis. Jika sudah berubah warna masukkan cabai yang sudah dihaluskan lalu tumis hingga harum
7. Masukkan irisan tomat ke dalam tumisan cabai dan tomat, masak hingga tomat layu
8. Tambahkan ikan roa cincang. Kemudian tambahkan garam, gula dan penyedap rasa
9. Aduk hingga rata dan biarkan hingga sambal matang
10. Sambal roa siap dihidangkan

Anda bisa menggunakan sambal roa sebagai lauk makan Anda. Tak hanya itu, masyarakat Manado juga biasa menggunakan sambal ini untuk disantap bersama pisang goreng, singkong goreng, atau bubur Manado alias tinutuan.

Baca Juga  Polisi tengah menyelidiki dugaan keterlibatan gangster Meksiko yang menembak turis Turki di Bali dengan kartel

Namun perlu diperhatikan bahwa resep sambal yang direkomendasikan di atas merupakan sambal yang cukup pedas. Jadi bagi anda yang tidak suka atau tidak tahan dengan rasa pedas, kandungan cabai rawitnya bisa disesuaikan dengan selera. Bisa juga dicampur dengan cabai merah besar, atau cabai merah ikal yang tidak pedas, sehingga warnanya lebih cerah.

Pilihan Redaksi: 3 Resep Sambal Khas Cirebon



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *