Resmi mengakhiri jabatan sebagai Kepala BPOM, berikut profil Penny Lukito

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Badan Pengawasan Makanan dan Obat (BPOM), Penny Lukito resmi mengakhiri masa jabatannya. Setelah 7 tahun di BPOM, mulai tahun 2016, Penny resmi mengakhiri masa jabatannya pada Senin, 6 November 2023. Jabatannya akan digantikan oleh Lucia Rizka Andalucia.

Pada hari terakhir menjabat, Penny Lukita berpesan kepada pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan di Indonesia untuk mewujudkan bangsa yang berbasis ilmu pengetahuan.

“Pesan saya untuk mendidik masyarakat kita menjadi masyarakat yang berbasis ilmu pengetahuan, data yang valid, rasional dan logis, masyarakat Indonesia harus berkembang tidak hanya berdasarkan kepentingan politik atau kelompok,” ujarnya.

Profil Penny Lukito

Misalnya Kepala BPOM Orang tersebut bernama lengkap Penny Kusumastuti Lukito. Wanita kelahiran 9 November 1963 ini merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia menyelesaikan program sarjana teknik lingkungan dan berhasil menyelesaikannya dengan nilai memuaskan.

Setelah menyelesaikan studinya di universitas, Penny melanjutkan studinya di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Dalam pendidikan lanjutannya tersebut, ia berhasil memperoleh gelar master di bidang perencanaan kota (MCP). Selain itu, setelah lulus dari Sekolah Perencanaan Kota dan Wilayah Universitas Wisconsin Madison, ia memperoleh gelar doktor di bidang teknik lingkungan, yang ia pelajari selama studi sarjananya.

Penny memulai karir profesionalnya sebagai Kepala Bagian Perencanaan pada tahun 2000-2001 pada Direktorat Perencanaan, Pertahanan dan Lingkungan Hidup. Pada periode berikutnya, tepatnya pada tahun 2001-2002, Penny Lukito diangkat menjadi Kepala Subdirektorat Lingkungan Hidup.

Periklanan

Setelah menyelesaikan amanah tersebut, Penny kemudian menjabat sebagai Direktur Perkotaan dan Perdesaan pada Perwakilan Otonomi Daerah dan Daerah di BAPPENAS pada tahun 2002-2005. Sejak berkarir di BAPPENAS, karir profesionalnya terus meningkat secara signifikan.

Baca Juga  Staf Kongres AS berbagi koordinat gereja Katolik di Gaza, yang digunakan militer Israel untuk menyerang

Puncak karirnya adalah saat Penny resmi menjabat sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 20 Juli 2016. Penny diangkat langsung oleh Presiden RI di Istana Negara dan diatur melalui Keputusan Presiden Nomor 68/TPA pada 19 Juli 2016.

Semasa menjabat Kepala BPOM, Penny memimpin BPOM menjadi lembaga yang paling gencar mengusut kasus gagal ginjal akut yang misterius menimpa anak-anak.

Selain itu, ia juga aktif di bidang penulisan, dimana ia telah menghasilkan beberapa artikel yang berhasil dimuat di berbagai saluran populer. Ibu empat anak ini pun menyiapkan dokumen Politik bertajuk Kebijakan Subsidi Pelayanan Air Minum yang Adil bagi Masyarakat Miskin Perkotaan dan sebuah buku berjudul Memperkuat Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Sektor Publik: Tantangan Demokrasi di Masa Depan diterbitkan oleh PT Gramedia pada tahun 2013.

SHARISYA KUSUMA RAHMANDA DAN NAOMY AYU NUGRAHENI

Pilihan Editor: Profil Kepala BPOM Penny Lukito, tokoh penting dalam investigasi gagal ginjal akut anak



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *