Resmikan 51 Distributor BBM Satu Harga, Menteri ESDM: Harga BBM di Papua Sama dengan di Jakarta

TEMPO.CO, JakartaPemerintah meresmikan 51 penyalur Program Bahan Bakar Minyak (BBM) hari ini, Jumat 24 November 2023. Peresmian langsung oleh Menteri ESDM (ESDM) Arifin Tasrif dilakukan di 26 lembaga penyalur Bahan bakar untuk satu harga untuk wilayah Papua dan Maluku. Acara dipusatkan di terminal BBM atau TBBM Sorong di barat daya Papua.

Sementara itu, 25 penyalur BBM Satu Harga diresmikan secara serentak di tiga lokasi lainnya. Ketiga titik tersebut yakni TBBM Krueng Aceh yang terdiri dari 9 distributor; SPBU 5685806 Kabupaten Alor dengan 11 distributor; dan SPBU 66735002 Kabupaten Kapuas dengan 5 distributor.

Arifin mengatakan, program BBM Satu Harga dilaksanakan untuk menciptakan keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya, dulu banyak terjadi perbedaan harga BBM antara satu daerah dengan daerah lain akibat kendala distribusi karena letaknya yang terpencil.

“Dengan BBM satu harga, maka BBM di sini (Papua) sama dengan harga BBM di Jakarta atau kota lain,” kata Arifin dalam sambutannya pada acara peresmian yang disiarkan langsung di YouTube Kementerian ESDM. Sumber daya. Jumat 24 November 2023. “Ini amanah Presiden Jokowi.”

Arifin juga menyampaikan, pada tahun 2024, pemerintah menargetkan 593 penyalur BBM Satu Harga di seluruh Indonesia. Meski demikian, pihaknya tidak berhenti sampai disitu saja. “Kami akan terus mencari bekerja sama dengan pemerintah provinsi, Departemen Dalam Negeri dan semua pihak yang berkepentingan untuk dapat mengidentifikasi tempat-tempat yang masih membutuhkan dukungan ini.”

Dengan diluncurkannya 51 distributor hari ini, akan ada 80 distributor bahan bakar harga tunggal di Tanah Air pada tahun 2023. Kepala Kantor Komunikasi, Pelayanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Agus Cahyono Adi mengatakan jumlah tersebut sudah mencakup 90 persen dari target tahun ini yakni 89 distributor.

Baca Juga  Super Bowl 2024 Berikut 14 rekomendasi destinasi ramah kantong di Las Vegas

“Secara kumulatif tahun 2017 hingga saat ini, jangkauan penyalur BBM Satu Harga mencapai 503 penyalur,” kata Agus seperti dikutip dalam siaran pers Kementerian ESDM.

Program BBM satu harga diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 36 Tahun 2016 tentang percepatan penerapan satu harga untuk jenis bahan bakar minyak tertentu dan jenis bahan bakar khusus untuk alokasi nasional.

Peraturan ini mengamanatkan Badan Pengatur Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) untuk mengawal pelaksanaan program BBM Satu Harga. Mekanismenya berupa penugasan badan usaha yang berwenang untuk melaksanakan pembangunan penyalur BBM harga tunggal di lokasi tertentu yang telah ditentukan.

Pilihan Editor: Chatib Basri: Perlu respon cepat terhadap kenaikan harga beras



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *