Saat ini, KPÚ sedang melakukan pengundian nomor urut calon presiden dan wakil presiden

TEMPO.CO, Jakarta – Hari ini Komisi Pemilihan Umum atau KPU akan menentukan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan bersaing pada pemilu 2024.

Pemilihan nomor urut calon presiden dan wakil presiden berlangsung setelah BPK pada Senin, 13 November 2023 menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk ikut serta. Pilpres 2024. Tiga pasangan yang ditunjuk adalah:

1. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar didukung koalisi Perubahan

2. Ganjar Pranowo-Mahfud Md didukung koalisi PDIP

3. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari koalisi maju Indonesia.

Aksi penetapan nomor urut itu akan dilakukan setelah KPU mengundang calon presiden dan wakil presiden makan malam.

Jadi diawali dengan makan malam bersama calon presiden dan wakil presiden serta pimpinan partai politik yang mendaftarkan masing-masing pasangan calon, kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari di Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Dalam penetapan nomor urut ini, Kelompok Gerindra pendukung Prabowo-Gibran berharap mendapat nomor urut dua.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan nomor urut dua akan sama dengan nomor urut partai Prabowo pada Pemilu 2024.

Kalau bisa nomor dua, Alhamdulillah, kata Muzani di Surabaya, Senin, 13 November 2023.

Menurut dia, kemiripan nomor urut paslon dan nomor urut partai bukan hanya disebabkan oleh Gerindra saja, ia juga menyebut kedua paslon pasangan Prabowo-Gibran mempunyai harapan yang sama.

Ada harapan tim Anies-Muhaimin jadi nomor satu karena (nomor urut) PKB, tim Ganjar-Mahfud jadi nomor tiga karena akan PDI Perjuangan, ujarnya.

Meski demikian, Muzani tak mempermasalahkan jika pasangan Prabowo – Gibran tidak mendapatkan nomor yang diharapkan saat pengundian.

Periklanan

“Nomor seri apa pun sebenarnya bisa kita dapat, tidak masalah,” ucapnya.

Baca Juga  7 Potret Mesra Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Rayakan Hari Valentine dan Ulang Tahun

Wakil Presiden Koalisi Indonesia Maju Gibran Rakabuming Raka juga tak terlalu mempermasalahkan nomor seri tersebut. “Angkanya bagus semua, angkanya bagus semua,” ujarnya kemarin di Solo.

Berapapun nomor urut yang didapat, Gibran mengaku akan bersyukur. “Baiklah kita lihat saja, besok kita syukuri semua angkanya,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Anies, Billy David, mengatakan pihaknya tidak menaruh harapan besar terhadap nomor seri tersebut.

“Tidak ada ekspektasi khusus untuk nomor urut yang akan diundi besok malam,” ujarnya.

Berapapun nomor urutnya, kata dia, tidak akan mempengaruhi kesiapan dan soliditas pendukung Anies-Muhaimin.

Sementara itu, Politikus PDIP Aria Bima mengatakan partainya akan menerima nomor urut pasangan Ganjar-Mahfud berapa pun.

“Kita tidak berharap pada angka. Kita terima yang nomor 1, nomor 2, nomor 3,” kata Aria di Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Menurut Aria, pasangan Ganjar-Mahfud akan berangkat dari Media Center tim pemenangan nasional di Jalan Cemara, 19 Menteng menuju KPU. “Didahului dengan salat magrib bersama,” ujarnya.

Pilihan Redaksi: KTA PDIP Kembali, Bobby Nasution: Nantikan tanggal yang indah

ANTARA | ADIL AL HASAN | TIKA AYU | AGAMA IHSAN



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *