Sail Teluk Cenderawasih diharapkan mampu memajukan UMKM dan seni budaya Papua di kancah global

TEMPO.CO, Jakarta – Pemeliharaan Berlayar Teluk Cenderawasih (STC) 2023 tidak hanya mencakup kegiatan ekspor perikanan dan pariwisata, tetapi juga serangkaian perjalanan diplomatik, pertemuan bisnis, dukungan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), hingga pertunjukan seni budaya Papua.

Oleh karena itu, acara ini mencakup berbagai aspek termasuk potensi ekonomi, diplomatik, dan budaya serta memberikan banyak peluang bagi para pedagang, pelancong, dan seniman untuk terlibat dan menggunakan platform ini untuk mendorong pertumbuhan dan promosi. Papua.

“Saya senang sekali bisa mengunjungi tempat yang sangat indah ini pagi ini. Puncak acara Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 adalah menampilkan potensi bahari kita, potensi bahari kita, potensi pariwisata kita, potensi sosial budaya kita.” ,” dia berkata Jokowidilansir dari tayangan YouTube di channel Kementerian Investasi.

Jokowi menegaskan, Indonesia merupakan negara yang secara fundamental terkait dengan aspek maritim. Faktanya, lebih dari dua pertiga wilayah daratan Indonesia adalah lautan. Pernyataan ini menekankan pentingnya potensi maritim dalam identitas dan sumber daya negara, sekaligus menekankan peran strategis perairan laut dalam membentuk karakteristik geografis Indonesia.

Selain membuka pintu potensi bahari yang sangat besar di kawasan Indonesia Timur khususnya di Biak Numfor. Kami juga berharap melalui agenda ini dapat menunjang jumlah kunjungan wisatawan, pencipta konten dan menarik minat investor dalam skala yang lebih besar.

Periklanan

Saya berpesan agar acara yang luar biasa ini terus kita tingkatkan, kreatifitas, inovasi, keterlibatan masyarakat, dan usaha kecil menengah kita agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Papua, kata Jokowi dalam sambutannya.

Sebagai penutup, Presiden Jokowi berharap melalui STC ini kekayaan budaya, tari, musik, dan produk lokal Papua dapat dipromosikan dan diperkenalkan lebih luas, tidak hanya secara nasional namun juga internasional. Oleh karena itu kami berharap acara ini dapat menjadi wadah untuk mempromosikan warisan budaya Papua dalam skala global dan membawa pengakuan yang lebih luas terhadap keindahan dan keragaman budaya dan produk lokal yang dimiliki masyarakat Papua.

Baca Juga  Menhub dan Menko PMK ke Pelabuhan Merak, meninjau kelancaran arus mudik, mudik, dan mudik

Pilihan Editor: Bahlil meminta masyarakat Papua menyadari kebaikan Jokowi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *