Simak kisah UMKM lokal yang membantu penyandang disabilitas, perempuan, dan petani

CANTIKA.COM, Jakarta – Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Nafisah Wulandari mengatakan timnya terus berupaya memberikan wadah bagi 14 juta wirausaha di Indonesia. “(Pelaku usaha yang hampir 100 persennya adalah UMKM lokal, telah menjadi pahlawan perekonomian nasional. UMKM Indonesia telah menunjukkan ketangguhannya dalam menghadapi pandemi Covid-19, bahkan menjadi kunci pemulihan perekonomian hingga pasca- masa pandemi.”, kata Nafisah dalam keterangan pers yang diterima Cantika awal November 2023.

Salah satu cara yang dilakukan timnya, kata Nafisah, melalui inisiatif Hyperlocal Tokopedia. “UMKM Indonesia punya kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang. Berkat teknologi geotagging, inisiatif Hyperlocal Tokopedia dapat mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun berada,” kata Nafisah.

“Tokopedia hiperlokal mempunyai wujud yang beragam. Salah satunya, Koleksi Toko Pilihan (KTP), merupakan situs kurasi produk dari penjual terdekat dengan lokasi pembelanja. Ada juga Dilayani oleh Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual, termasuk UMKM Indonesia, menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia di area dengan permintaan tinggi, kata Nafisah.

Penting juga untuk memberikan bantuan bisnis online kepada UMKM Indonesia. Misalnya melalui program Seller Education Center yang dapat diakses secara gratis oleh UMKM untuk memperoleh segudang materi pengembangan usaha. Terdapat juga beberapa kelas rutin yaitu Kelas Mahir Digital dan Kelas Perempuan Mahir Digital untuk UMKM lokal di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang, Denpasar.

Nafisah juga mengklaim inisiatif Hyperlocal berhasil mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM lokal. Hal ini terlihat dari beberapa daerah dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi pada paruh pertama tahun 2023 pascapandemi dibandingkan paruh kedua tahun 2019 sebelum pandemi, yaitu Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan. . , dengan rata-rata peningkatannya hampir 3 kali lipat,” kata Nafisa.

Tercatat pula wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi pada semester I 2023 pascapandemi dibandingkan semester II tahun 2019 sebelum pandemi adalah Riau, Sumsel, Lampung, Bali, dan Sulawesi Selatan. , dengan peningkatan rata-rata hampir 3 kali lipat” ucap Nafisah.

Selain itu, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, dan Papua Barat merupakan beberapa daerah dengan peningkatan nilai transaksi tertinggi pada paruh pertama tahun 2023 pascapandemi dibandingkan paruh kedua tahun 2019 sebelum pandemi, dengan peningkatan rata-rata peningkatannya hampir 8 kali lipat” ucap Nafisah.

Nafisah menambahkan Hampers dan Paket Makanan, Kesehatan dan Gaya Hidup, dan Pertanian sebagai beberapa subkategori produk dengan peningkatan penjual tertinggi pada H1 2023 pascapandemi dibandingkan H2 2019 sebelum pandemi. “Rata-rata peningkatannya hampir 18 kali lipat,” ujarnya.

Baca Juga  Girona tetap berada di puncak klasemen Liga Spanyol meski bermain imbang 0-0 melawan Almeria

Precious One (Jakarta), Kraosan (Kabupaten Magelang, Jawa Tengah) dan Kopi Awi (Binjai, Sumatera Utara) adalah tiga contoh UMKM Indonesia di Tokopedia sekaligus pahlawan ekonomi yang memperkuat komunitas lokal.

UMKM Precious One memberdayakan rekan-rekan penyandang disabilitas untuk membuat berbagai kerajinan seperti masker kain, tempat tisu, tas, boneka, syal, mainan dan lainnya/Tokopedia

1. Jarang, memungkinkan rekan-rekan penyandang disabilitas mempunyai kesempatan yang sama dalam bekerja

Ratnawati Sutedjo, pemilik Precious One, menyukai kerajinan tangan. Pada tahun 2004, Ratna membangun wirausaha sosial bersama teman-teman penyandang disabilitas. Meski awalnya ditolak dan dipandang remeh, Ratna tetap mendukung teman-temannya difabel dalam bekerja.

Melihat bahagianya teman-teman difabel karena punya penghasilan, Precious One akhirnya beradaptasi dengan berjualan online. Pada tahun 2020, menghadapi pandemi, Ratna dan teman-teman penyandang disabilitas berinovasi menjual masker buatan tangan. Baru pada akhirnya Precious One semakin terkenal berkat penjualannya di Tokopedia.

Berkat Tokopedia, Precious One mampu menjangkau pasar yang lebih luas, dan hasil penjualannya dapat menghidupi puluhan karyawan Precious One, termasuk puluhan teman-teman difabel yang buta, tuli, autis, dan teman-teman down syndrome, kata Ratna. .

Data internal Tokopedia juga mencatat volume transaksi Precious One pada paruh pertama tahun 2023 pascapandemi mengalami peningkatan transaksi hampir 30 kali lipat dibandingkan paruh kedua tahun 2019, sebelum pandemi.

UMKM Magelang, Kraosan berupaya meningkatkan kesejahteraan ibu-ibu dan masyarakat di Magelang melalui toko online di Tokopedia/Tokopedia

2. Kraosan berkolaborasi dengan perajin dan mewujudkan misi masyarakat sejahtera di Magelang melalui produk kerajinan bambu

Sementara itu, Tribuana Desy Ariyati, pemilik Kraosan, mempunyai misi memajukan dan mensejahterakan ibu-ibu dan masyarakat di Magelang. Desy juga memberikan bantuan pendidikan kepada anak-anak perajin Kraosan dan keluarga yang membutuhkan, serta peningkatan taraf hidup warga Magelang.

Melalui Kraosan, sebuah usaha sosial dan toko yang didirikan pada tahun 2019, Desy dan para perajin memproduksi jajanan khas Magelang dan menjualnya melalui Tokopedia. “Pada masa pandemi tahun 2020 ini, Kraosan mengalami keterbatasan bahan baku karton yang digunakan untuk mengemas produk makanannya. “Terakhir, bekerjasama dengan masyarakat lokal di Magelang, kami melakukan inovasi produksi kemasan dari bahan baku lain yaitu keranjang sokase bambu,” kata Desy.

Baca Juga  Mahasiswa Bekasi-Karawang yang kecewa demokrasi dirusak, berdemonstrasi dan membakar foto Jokowi

“Konsumen di Tokopedia sangat tertarik dengan produk kemasan bambu yang digunakan Kraosan. Maka bersama puluhan perajin dari Ngadiharjo, Minggiru, Windusari dan Brajan, kami kembali berinovasi memproduksi kemasan atau wadah serbaguna berbahan bambu. “Berkat usaha ini, para perajin kami bisa memiliki penghasilan sendiri untuk menunjang kebutuhan keluarganya,” kata Desy.

Kraosan juga rutin mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia, salah satunya Waktu Belanja Indonesia (WIB). Selain itu, Kraosan juga sering memanfaatkan fitur TopAds di Tokopedia untuk meningkatkan jumlah transaksi sehingga dapat terus memberikan dukungan kepada ibu-ibu di desa-desa Kabupaten Magelang.

UMKM asal Binjai, Sumatera Utara, di Tokopedia, Kopi Awi berdayakan petani kopi lokal di berbagai daerah termasuk Gayo dan Tanah Karo/Tokopedia

3. Kopi Awi, usaha kopi lokal penunjang petani kopi lokal di Gayo dan Tanah Karo

Kopi Awi merupakan bisnis keluarga asal Binjai, Sumatera Utara yang telah berdiri selama tiga generasi dan kini dijalankan oleh Darwin Jaswin (Awi). Saat itu, Awi ingin masyarakat seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati kopi lokal premium asal Sumut ini.

Awi Coffee bekerja sama dengan puluhan petani kopi lokal di wilayah Gayo dan Tanah Karo. “Para petani yang bekerja bersama kami berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. “Seperti Pak Karo di Tanah Karo, beliau adalah seorang guru olah raga yang kemudian mulai menanam kopi untuk meningkatkan potensi industri kopi lokal,” kata Awi.

Sejak berjualan online di Tokopedia pada tahun 2019, produk Kopi Awi mampu menjangkau pasar yang lebih luas di luar Pulau Sumatera. “Awi Coffee juga aktif menggunakan berbagai kampanye dan fitur yang dihadirkan Tokopedia seperti Waktu Belanja Indonesia (WIB), Koleksi Toko Pilihan (KTP) dan masih banyak lagi. “Tokopedia menyumbang lebih dari 50 persen seluruh penjualan online produk kami,” kata Awi.

Berkat penggunaan berbagai kampanye dan fitur di Tokopedia, Kopi Awi juga mengalami peningkatan transaksi yang mencapai hampir 3 kali lipat selama paruh pertama tahun 2023 periode pascapandemi dibandingkan paruh kedua tahun 2019 pada periode sebelum pandemi. .

Pilihan Editor: Terdapat 32 kategori penghargaan dalam Tokopedia Beauty Awards 2023

Hallo sahabat cantik, ayo update informasi dan inspirasi untuk para wanita Telegram yang indah

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *