Sistem peringatan mengatakan Filipina mungkin mengalami tsunami setinggi 3 meter akibat gempa berkekuatan 7,5 skala Richter

TEMPO.CO, Jakartagempa bumi Gempa bumi berkekuatan setidaknya 7,5 melanda Mindanao di Filipina selatan pada Sabtu malam, memicu perintah evakuasi di beberapa daerah dan di pantai barat daya Jepang di tengah peringatan gelombang tsunami setinggi satu meter (3 kaki) atau lebih.

Badan seismologi Filipina Phivolcs mengatakan gelombang itu bisa melanda Filipina pada tengah malam (16.00 GMT) dan berlanjut selama beberapa jam.

Sistem Peringatan Tsunami AS mengatakan beberapa pantai di Filipina bisa mengalami gelombang setinggi 3 meter di atas permukaan air pasang.

“Perahu yang berada di laut selama periode ini harus tetap berada di perairan dalam sampai ada saran lebih lanjut,” kata Phivolcs, sambil meminta masyarakat yang tinggal di dekat pantai provinsi Surigao Del Sur dan Davao Oriental untuk “segera mengungsi” atau “melanjutkan” . pedalaman”.

Televisi NHK Jepang mengatakan gelombang tsunami setinggi satu meter diperkirakan akan mencapai pantai barat daya Jepang sekitar 30 menit kemudian – pada pukul 01:30 Minggu (16:30 GMT Sabtu).

Phivolcs mengatakan pihaknya memperkirakan kerusakan signifikan akibat gempa itu sendiri, namun memperingatkan akan adanya gempa susulan.

Raymark Gentallan, kepala polisi setempat di kota pesisir Hinatuan, dekat pusat gempa, mengatakan aliran listrik padam sejak gempa terjadi, namun tim tanggap bencana sejauh ini memantau tidak ada korban jiwa atau kerusakan.

Periklanan

Gempa bumi sering terjadi di Filipina, yang terletak di “Cincin Api”, yaitu sabuk gunung berapi yang mengelilingi Samudra Pasifik dan rentan terhadap aktivitas seismik.

Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) mengatakan gempa berkekuatan 7,5 skala Richter melanda kedalaman 63 km (39 mil).

Survei Geografis AS memperkirakan kekuatan gempa sebesar 7,6 skala Richter dan kedalaman 32 km (20 mil) dan mengatakan gempa terjadi pada pukul 22:37 waktu setempat. Filipina (14.37 GMT).

Baca Juga  Arti Nama Mbrebes Mili Sapi yang Diberikan Jokowi kepada Masjid Al Akbar Surabaya

Pilihan Editor: Kisah Kasmin, guru 3T yang berdedikasi dengan keterbatasan akses listrik dan internet

Selalu update informasi terbaru. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *