Tak Hanya Menjadi Makanan Pokok, Ini Manfaat Sagu untuk Kesehatan Kulit Wajah

TEMPO.CO, Jakarta – Selain dikenal sebagai bahan makanan, sagu juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Dilaporkan dari buku Maltodekstrin: inovasi pemanfaatan tepung saguoleh Rugaiah Andi Arafah, sagu dapat digunakan sebagai bahan kosmetik.

Laporan dari saluran kesehatanSelain karbohidrat, tepung sagu juga mengandung komponen lain seperti serat, protein, kalium, lemak, dan fosfor. Meskipun sagu hanya mengandung sedikit mineral dan vitamin, namun sagu tetap merupakan bahan makanan dengan kandungan gizi yang cukup lengkap, meski jumlahnya tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, sagu dapat dimanfaatkan sebagai a masker. Manfaat ini dikutip dari berbagai sumber:

1. Dapat digunakan sebagai scrub wajah

Tepung sagu dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit. Hal ini menunjukkan bahwa tepung sagu memiliki keunggulan dalam membersihkan kulit dengan lebih maksimal, sehingga tepung sagu banyak digunakan sebagai eksfoliator wajah.

2. Mempercepat regenerasi kulit

Menurut Eva Mulia Clinic, kandungan potasium pada tepung sagu mampu menjaga kolagen pada kulit. Kolagen memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, terutama untuk menjaga kekencangan kulit dan membantu regenerasi kulit. Anda bisa menggunakan tepung sagu sebagai masker wajah. Jika masker tepung sagu dilakukan secara rutin, bekas jerawat atau flek hitam bisa tersamarkan dan jaringan parut perlahan bisa membaik.

3. Mengurangi peradangan jerawat dan meningkatkan kolagen

Mengonsumsi sagu secara rutin dan mengoleskannya sebagai pengobatan topikal pada kulit dapat memberikan beberapa manfaat pada kulit karena sifat antioksidan dan antiinflamasi sagu. Sebagai obat topikal, Sagu mengurangi peradangan akibat jerawat bahkan menghilangkan komedo. Masker wajah sagu yang terbuat dari susu juga meningkatkan produksi kolagen yang mengencangkan dan meremajakan kulit.

Baca Juga  Pertemuan Prabowo, Warga Batam Tuntut Kesempatan Kerja dan Kenaikan Gaji

4. Meratakan warna kulit wajah

Tepung sagu juga bisa dijadikan masker wajah untuk meratakan warna kulit dan kerusakan akibat sinar UV. Hal ini karena sagu mengandung sifat mengencangkan, melindungi dan meremajakan kulit. Caranya adalah susu dan sejumput bubuk kunyit bersama bubuk sagu lalu oleskan pada wajah.

5. Mencegah penuaan dini

Tepung sagu mengandung antioksidan yang menyembunyikan garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, tepung sagu juga meningkatkan kolagen dan menjaga kehalusan kulit. Sagu mengandung asam fenolik dan flavonoid. Kandungan tersebut akan mendukung pembentukan sel kulit baru, menyembunyikan garis halus dan kerutan. Selain itu, kandungan asam amino yang besar pada sagu dapat membantu meningkatkan kolagen, menjaga elastisitas kulit, dan menghaluskan kulit.

6. Mencerahkan kulit

Untuk kulit bercahaya dan awet muda, buatlah masker wajah dengan mencampurkan tepung sagu dengan yogurt dan madu. Oleskan campuran ini pada wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat hingga terlihat kulit wajah membersihkan.

Pilihan Editor: Kreasi tepung sagu, mulai dari bubur hingga nugget



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *