Top 3 Metro: Penyidik ​​Polda Metro Koordinasi dengan KPK Usai Pemeriksaan Firli Bahuri, Koalisi Desak Jokowi Jalankan Putusan Pengadilan

TEMPO.CO, Jakarta – Tiga pemberitaan terpopuler metropolitan pada Sabtu pagi ini bermula dari koordinasi penyidik ​​Polda Metro Jaya dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perwakilan KPK usai penyidikan. Firli Bahuri. Rapat koordinasi ini diklaim sebagai wujud keseriusan KPK dalam mengoordinasikan penanganan kasus dugaan korupsi.

Berita hangat lainnya adalah koalisi Clean City dan Universal Air Initiative (Capital) memuji keputusan Mahkamah Agung yang menolak permohonan kasasi Presiden Jokowi dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dalam gugatan pencemaran udara. 32 warga penggugat meminta para tergugat melaksanakan putusan pengadilan tanpa penundaan.

Hal baru yang paling populer ketiga adalah ojek seadanya yang berkeliaran di GBK sebelum konser Coldplay mencari penonton yang salah masuk gerbang. Mereka menawarkan tarif ojek mahal mulai dari gerbang masuk kawasan GBK hingga gerbang pemeriksaan tiket.

Berikut 3 berita teratas Metropolitan Channel pada Sabtu pagi, 18 November 2023:

1. Firli Bahuri kemarin diperiksa, hari ini penyidik ​​Polda Metro Jaya rapat koordinasi dengan Wakil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bidang korupsi.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, penyidik ​​kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi dengan Ketua KPK Firli Bahuri akan menghadiri rapat koordinasi Deputi Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Pemberantasan Korupsi Indonesia. komite.

Rapat koordinasi dengan Deputi Koordinasi dan Supervisi (Korsup) KPK dijadwalkan pada hari ini, Jumat, 17 November 2023.

Penyidik ​​menyambut baik undangan tersebut dan menyambut positif dan besok penyidik ​​akan berangkat untuk rapat koordinasi dan dengar pendapat dengan Wakil Korsup KPK, kata Ade usai memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri di Bareskrim Polri, Jumat, 16 November 2023. .

Baca Juga  Tersangka kematian Dante bantah melewati lokasi CCTV kolam renang, polisi mengungkap riwayat pencarian ponselnya

Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan pertemuan akan digelar pada pukul 09.00 di Gedung Merah Putih KPK. Menurutnya, rapat koordinasi ini merupakan wujud keseriusan KPK dalam mengoordinasikan penanganan kasus dugaan tindak pidana korupsi.

“Surat tersebut kami terima dan kami yakin rekan-rekan penyidik ​​Ditpolda dan Ditpolri akan turut serta memenuhi panggilan tersebut,” ujarnya, Rabu, 15 November 2023.

Ade Safri Simanjuntak mengatakan pertemuan itu merupakan langkah awal sebelum pengawasan KPK dimulai. Pengawasan ini dilakukan sebagai bagian penyidikan kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Rapat koordinasi itu tahap awal, sebelum pelaksanaan pengawasan. Nanti bisa langsung dimintai rapat koordinasi dan dengar pendapat kepada KPK (Komite Pemberantasan Korupsi),” kata Ade di Polda Metro Jaya, Jumat, 10 November 2023.

Surat permintaan pengawasan atau pengawasan telah disampaikan Polda Metro Jaya kepada KPK pada 11 Oktober 2023. Permintaan tersebut juga telah disampaikan kepada Dewan Pengawas KPK atau Dewas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kompol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, KPK menanggapi surat permintaan pengawasan tersebut. Tapi dia tidak mengatakannya sejak itu.

“Kami kirimkan, kemudian KPK merespons, artinya tujuan proses penyidikan ini agar efisien,” ujarnya di Polda Metro Jaya, Kamis, 9 November 2023.

Menurut Ali, koordinasi tersebut bisa mengungkap kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo. “Untuk memastikan proses hukum yang akan dilakukan benar-benar sesuai dengan fakta hukum, ketentuan dan mekanisme yang berlaku,” kata Ali.

Sebelumnya, KPK mengundang Polda Metro Jaya dan Mabes Polri untuk rapat koordinasi di Gedung Merah Putih KPK pada Jumat, 10 November 2023.

Namun Polda Metro Jaya berhalangan hadir. Ade Safri meminta agar rapat koordinasi dilaksanakan pada minggu ketiga November 2023.

Baca Juga  Pemerintah mengklaim panen jagung tahun ini melimpah, hingga menghentikan impor

Sebab, pada Jumat 10 November 2023, penyidik ​​sudah mempunyai rencana penyidikan yang sudah direncanakan sebelumnya, ujarnya dalam laporan singkat kepada Tempo, Kamis malam, 9 November 2023.

Selain itu, Koalisi Ibu Kota mendesak Jokowi segera melaksanakan putusan pengadilan….



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *