Unhas meluncurkan kapal survei Unhas yang diharapkan dapat menjadi pusat pendidikan kelautan modern

TEMPO.CO, Jakarta – Universitas Hasanuddin atau Unhas meluncurkan kapal pendidikan bernama Penjelajah Unhas dalam rangka memperkuat visi pengembangan budaya maritim serta realisasi komitmen Tri Dharma perguruan tinggi. Meluncurkan sebuah perahu ditandai dengan pemotongan pita Rektor Universitas Hasanuddin Jamaluddin Jompa bersama Wakil Manajer Bisnis Regional Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Wilayah V. Pembukaan dilaksanakan di Cafe Ombak, Jalan Ujung Pandang, Makassar pada Rabu, 15 November 2023.

Jamaluddin mengatakan peluncuran kapal tersebut merupakan tonggak sejarah bagi Unhas. Dengan hadirnya kapal ini, Unhas mengukuhkan visinya dalam memperkuat visi maritim, menciptakan lingkungan belajar yang menstimulasi dan mempertahankan standar pendidikan yang tinggi.

“Peluncuran ini sejalan dengan semangat tiga dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Jamaluddin seperti dikutip dari situs Unhas.

Misi utama kapal ini adalah untuk mendukung pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui eksplorasi laut dalam. Jamaluddin berkata kapal Penjelajah Unhas akan menjadi pusat pendidikan maritim modern. Kapal ini merupakan wadah pembelajaran inovatif bagi mahasiswa dan wadah penelitian bagi dosen Unhas.

“Mengirimkan Penjelajah Unhas Harapannya, tidak hanya menjadi sarana mendidik mahasiswa, namun juga menjadi landasan penelitian ilmiah yang menunjang pengembangan keilmuan para peneliti Unhas. “Melalui kapal ini, Unhas siap menjelajah laut lepas dan memanfaatkan sumber daya laut untuk masyarakat dan bangsa,” kata Jamaluddin.

Di dalam kolaborator saat presentasi Penjelajah Unhas, Deputi Regional Manager Bank Umum BTN Kantor Wilayah V Daulat Marpaung mengucapkan selamat atas peluncuran kapal latih Unhas. Sebagai perwakilan Bank BTN, ia mengungkapkan rasa bangga dan senangnya bisa berpartisipasi. Kami berharap dengan adanya kapal pendidikan ini semakin mendorong prestasi Unhas. Tidak hanya dalam skala nasional, namun juga dalam skala internasional.

Baca Juga  Komarudin Watubun menyambut baik obor di Rakernas PDIP dan menyinggung soal pengkhianat

Sekilas tentang Unhas Explorer

Periklanan

Kapal pendidikan Penjelajah Unhas Panjang kapal 19 meter, lebar 75 meter dan tinggi kapal 4,3 meter. Perahu ini berkapasitas 50 hingga 60 orang dengan dukungan fiberglass di tempat.

Penjelajah Unhas ia dapat menempuh jarak 200 hingga 300 mil dengan tangki harian seberat 1 ton. Perahu ini juga dilengkapi dengan standar keselamatan dan perlengkapan navigasi yang baik.

Tidak sampai disitu saja, Unhas berencana memperkenalkan wadah pendidikan lainnya untuk mendukung pengembangan tridharma perguruan tinggi. Khususnya dalam bidang penelitian dan pengembangan sektor lainnya.

Pilihan Redaksi: Satgas PPKS Unhas sedang menyusun peraturan Rektor tentang pencegahan kekerasan seksual



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *