Usai Firli Bahuri kedapatan bermain bulu tangkis di Banda Aceh, MAKI pekan depan akan meminta polisi tetapkan tersangka

TEMPO.CO, Jakarta – Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (POPPY) Boyamin Saiman menemukan rekaman video aktivitas Ketua KPK Firli Bahuri di Aceh. Menurut Boyamin, Firli Bahuri melakukan perbuatan tidak penting saat tak hadir dalam pemeriksaan Polda Metro Jaya.

“Saya mengantarkan kiriman dari teman-teman di Aceh Pak Firli pada tanggal 8 November, malam beliau bermain bulutangkis dan membuat tumpeng untuk ulang tahunnya untuk dibagikan kepada teman-teman bulu tangkisnya,” kata Boyamin pada Jumat, 10 November 2023.

Dalam video berdurasi 1 menit 9 detik, Firli Bahuri lihat pemotongan tumpeng di lapangan bulu tangkis yang dikenal dengan Lapangan Bulutangkis Pasa Jaya, Banda Aceh. Firli Bahuri mengenakan baju olahraga khas bulutangkis berwarna putih dan merah serta celana pendek berwarna hitam.

Firli Bahuri, kata Boyamin, juga memamerkan kepiawaiannya menggoreng nasi di restoran tersebut pada malam sebelum bermain bulu tangkis. “Saya kira begitu, Firli tidak menghormati hukum padahal dia aparat penegak hukum,” ujarnya.

Boyamin menilai Firli Bahuri tidak memberikan contoh yang baik kepada masyarakat untuk menaati hukum dengan memenuhi somasi. Polda Metro Jaya. “Mereka menelepon mereka sebelumnya dan mereka tidak datang, bukan? “Ini sebenarnya kerugian Firli karena tidak memberikan pembelaan yang seharusnya meringankan atau membebaskannya,” kata Boyamin.

Karena itu, Boyamin meminta polisi mencoba menindaklanjuti dugaan pemerasan yang dilakukan Firli terhadap Syahrul Yasin Limpo alias SYL dengan mengajukan banding. “Yang pasti jumlah tersangkanya maksimal minggu depan. “Kalau tidak, saya akan gugat sebelum sidang untuk memastikan ada atau tidaknya bukti,” ujarnya.

Periklanan

Menurut dia, jika Firli terbukti atau ada bukti pendukung, sebaiknya Polda Metro Jaya menetapkan tersangka. Sebaliknya, jika polisi benar-benar tidak punya bukti, sebaiknya penyidikan dihentikan. “Itu menurut kami, Pak Firli justru meremehkan proses hukum dengan hal-hal yang tidak penting.”

Baca Juga  Anies Baswedan janjikan pembebasan pajak untuk kegiatan sosial

Firli sebelumnya tak hadir dalam pemeriksaan penyidik ​​Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri pada Selasa, 7 November 2023. Firli Bahuri berdalih harus menghadiri Roadshow Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) KPK di Aceh.

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat konfirmasi ketidakhadiran Firli dalam pemeriksaan di Polda Metro Jaya dan meminta penundaan. “Kita semua pimpinan menghormati imbauan Polda. Hanya saja ada kendala, jadi bukan rekayasa, sudah ada jadwal sebelumnya, kata Tanak, Senin, 6 November 2023, di Gedung Merah Putih KPK.

Pilihan Editor: Batalnya rapat koordinasi pengawasan KPK yang dibahas hari ini, Polda Metro harus menguji bukti digital dugaan pungutan liar SYL



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *