Viral, begini reaksi tentara Israel saat melihat Kopaska

TEMPO.CO, Jakarta – Konflik antar Israel A Palestina hari semakin hangat. Serangan balik tentara Israel di Jalur Gaza memakan korban lebih dari 9.000 orang, yang sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak. Tak heran jika segala aksi tentara Israel menarik perhatian publik.

Seorang YouTuber asal Indonesia bernama Fadill Channel berkesempatan ngobrol dengan tentara Israel di YouTube. Dalam video yang diunggah pada 10 Agustus 2022, keduanya terlihat berbincang seputar dunia militer melalui aplikasi Ometv. Namun ada satu hal yang menarik perhatian kami, yakni reaksi tentara Israel saat melihat Kopaska.

Awalnya keduanya bertukar cerita tentang topik militer. Beberapa hal yang dibahas adalah mengenai wajib militer dan persenjataan militer. YouTuber tersebut kemudian membahas soal satuan elite Indonesia Kopaska.

Tentara Israel yang belum disebutkan namanya itu mengatakan, ia dibekali unit senjata saat bertugas di perbatasan Israel. Ia kemudian memamerkan senjata yang digunakannya saat bertugas, tepatnya senapan serbu M-16. Diketahui senapan M16 saat ini digunakan oleh 15 negara NATO dan lebih dari 80 negara di seluruh dunia.

“Senjata ini bukanlah hal baru, tapi lebih… apa, saya tidak tahu bagaimana mengatakannya,” kata tentara Israel berusia 20 tahun itu.

Setelah banyak bercerita tentang tentara Israel, Fadil mencoba membahas tentang tentara asal Indonesia. Tentara Israel yang penasaran kemudian meminta Fadil menunjukkan foto tentara yang dimiliki Indonesia.

Fadil langsung menunjukkan gambar kelompok khusus di TNI Angkatan Laut yakni Komando Katak (Kopaska). Gambar yang diperlihatkan Fadil memperlihatkan beberapa anggota Kopasky berbaris dengan masker wajah tengkorak khasnya.

Saat melihat foto Kopaška, wajah tentara Israel itu terlihat sangat terkejut. Bahkan sempat terdiam beberapa saat hingga akhirnya Fadil menegurnya. “Kenapa wajahmu terlihat ketakutan?” tanya Fadil.

Baca Juga  AKP Andri Gustami divonis mati kasus narkoba, apa hukuman mati bagi koruptor dalam UU Tipikor?

Tiba-tiba, tentara Israel itu mengaku tak takut dengan Kopaska. Di sisi lain, ia mengaku Kopaska membuatnya takjub. “Wah. Keren. Saya tidak takut,” jawab prajurit itu.

Mengenal Bagian Kopaska

Periklanan

Komando Katak Pasukan Tengkorak (Kopaska) merupakan salah satu pasukan khusus TNI Angkatan Laut. Disebut satuan Kopask karena bertugas dengan wajah tertutup topeng bergambar tengkorak manusia. Hal ini bahkan membuat Kopaska cukup disegani.

Untuk menjadi anggota satuan Kopa, tidak hanya perlu spesialisasi renang di air. Namun untuk masuk pasukan khusus ini harus terampil beradaptasi dengan tiga kondisi yaitu laut, darat, dan udara.

Satuan Kopaska Tugasnya adalah melakukan serangan penipuan. Mereka perlu menghancurkan kapal, meledakkan dan menyabotase semua peralatan musuh.

Oleh karena itu, beberapa pelatihan dianggap cukup sulit. Mereka harus pandai mengintai di dalam air. Selain itu, ia mampu melakukan segala persiapan untuk operasi pendaratan amfibi.

Dalam upaya meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasi khusus, Satuan Kopaska TNI Angkatan Laut juga ada di website tnial.mil.id. Operasi ini dilakukan dengan infiltrasi air rahasia. Tujuannya agar lawan tidak mengetahui keberadaannya.

RIZKI DEWI AYU

Pilihan Editor: 100 dokter Israel membuat petisi yang meminta tentara menyerang rumah sakit Al-Shifa di Gaza



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *