Wakil Presiden menghimbau pengusaha Slovakia untuk berinvestasi pada produk halal Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengundang pengusaha Slovakia untuk berkunjung ke Indonesia dan menjajaki kemungkinan berinvestasi halal Produk.

“Saya juga mengundang Slovakia pengusaha berkunjung ke Indonesia, termasuk menghadiri Halal Expo 2024, menjajaki peluang bisnis dan investasi produk halal”kata Wapres saat bertemu dengan Islamic Foundation of Slovakia dan pelaku industri halal lokal di Bratislava, Slovakia pada Minggu, 26 November 2023.

Wakil Presiden Amin berharap agar para pelaku industri halal di Slovakia tetap bertekad menjalankan bisnis halal meski ada berbagai faktor yang membatasi.

Ia mencatat bahwa populasi Muslim di Slovakia adalah salah satu yang terkecil di Eropa dan jumlahnya kurang dari 1 persen dari total populasinya. Akibatnya, pengembangan bisnis halal di tanah air menghadapi beberapa tantangan seperti ketersediaan produk halal, terbatasnya jumlah pelaku industri halal, serta keterbatasan regulasi dan sertifikasi halal.

Meski demikian, ia menyebutkan Slovakia memiliki potensi besar dalam menghasilkan produk halal dan berpotensi menjadi pusat industri halal di Eropa Tengah dan kawasan sekitarnya.

Oleh karena itu, Indonesia bermaksud untuk meningkatkan kerja sama dengan Slovakia mengenai produk halal dan berbagi pengetahuan tentang industri halal.

Di Eropa, jelas Wapres, populasi umat Islam telah mencapai 50,3 juta jiwa, menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di Eropa. Dengan populasi Muslim yang begitu besar, terdapat permintaan yang signifikan dan berkelanjutan terhadap produk halal, tambah Amin.

Mengutip Laporan Ekonomi Islam Global tahun 2021, Amin menyebutkan bahwa umat Islam di seluruh dunia menghabiskan sekitar US$2 triliun untuk makanan, obat-obatan, kosmetik, fesyen, perjalanan, dan media. Pada tahun 2025, jumlah ini diperkirakan mencapai $2,8 triliun.

Baca Juga  Berbagai upaya akan dilakukan pemerintah dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1445 H dan Hari Raya Idul Fitri

“Berbagai produk halal ini tidak hanya ditujukan untuk umat Islam. Konsumen non-Muslim juga lebih memilih gaya hidup halal karena menjamin kebersihan, keamanan dan kesehatan. Oleh karena itu, percepatan penerbitan sertifikasi halal menjadi penting,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Ma’ruf didampingi Duta Besar Indonesia untuk Slovakia Pribadi Sutiono dan beberapa pejabat tinggi Indonesia.

DI ANTARA

Pilihan Editor: BPJPH menandatangani perjanjian saling pengakuan dengan 37 lembaga halal asing

klik disini dan dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *