Wamen BUMN Klaim Kereta Cepat ke Surabaya Sudah Mulai Uji Coba dengan China, Ini Kata Menteri Perhubungan Budi Karya

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bereaksi terhadap rencana kereta cepat Whoosh yang dilanjutkan ke Surabaya. Proyek ini akan dilanjutkan dengan menarik Tiongkok. Padahal, uji coba bersama dengan pemerintah Indonesia kini sudah dimulai, menurut Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko.

Menurut Budi Karyu, terkait kelanjutan KA ekspres Jakarta-Bandung ke Surabaya sebaiknya ditanyakan kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) yang dipimpin Luhut Binsar Padjaitan. “Karena itu kewenangannya (Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman),” kata Budi Karya di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa, 7 November 2023.

Terkait uji coba bersama kereta ekspres tujuan Surabaya, Budi Karya tak menjelaskan keterlibatan kementeriannya. Dia hanya menjawab singkat. “Itu hanya sebuah ideide,” kata Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko membenarkan telah tercapai kesepakatan dengan China mengenai kelanjutan proyek tersebut. belajar bersama. “Tapi itu butuh waktu. Kami melakukannya belajar bersama dengan Tiongkok, untuk dilihat kelayakan bahkan tidak biaya proyek secara keseluruhan,” kata Tiko di kantor InJourney, Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, pada 2 November 2023.

Tiko juga menjelaskan, Tiongkok kembali dipilih sebagai mitra kelanjutan proyek tersebut. karena Negeri Tirai Bambu sudah berpengalaman membangun kereta cepat Jakarta-Bandung. Namun, pemerintah Indonesia belum melihat hasilnya belajar bersama– miliknya.

Lebih lanjut: “Tentu saja, secara komersial, Tiongkok juga harus mempertimbangkan…”



Quoted From Many Source

Baca Juga  Keunggulan bunga artifisial dibandingkan bunga asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *